Pendampingan Pembelajaran Berbasis Al Quran untuk Anak-Anak di Dusun Karangmenjangan Kecamatan Mojoagung
DOI:
https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i1.747Keywords:
Al-Quran, Anak-anak, Pembelajaran, PendampinganAbstract
Pendidikan Islam untuk anak-anak adalah hal yang sangat penting. Pendidikan Islam merupakan Pendidikan dasar dan fundamental yang menanamkan nilai-nilai agama pada pribadi anak-anak. Salah satu bentuk pendidikan Islam untuk anak-anak adalah pembelajaran Al Quran. Tidak hanya membaca dan menulis Al Quran saja, namun pembelajaran berbasis Al Quran ini bisa meluas menjadi pengenalan nilai-nilai kebaikan dalam Al Qur’an dan pengenalan pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena saat ini adalah kemajuan teknologi dan informasi yang sangat cepat, dan kemudahan akses internet yang ada dimanapun. Fenomena tersebut membawa dampak positif dan negatiif untuk anak-anak. Pengaruh negatifnya salah satunya yaitu kecanduan bermain gadget sehingga sulit memanajemen waktu. Akibatnya minat dan motivasi anak-anak untuk belajar menurun. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menyediakan kegiatan Pendidikan islam yang bermanfaat dan inovatif yakni pendampingan pembelajaran berbasis Al Quran untuk anak-anak. Kegiatan ini telah dilaksanakan bersama dengan anak-anak lingkungan Dusun Karangmenjangan dan masyarakat setempat. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, kisah-kisah, dan keteladanan. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya minat dan antusiasme anak-anak untuk mengaji secara rutin yang dapat mengurangi bermain gadget di waktu luangnya. Kegiatan ini mendapat dukungan peserta dan orang tua sebanyak 86% menilai sangat baik dan sisanya menilai baik dan cukup.
Downloads
References
Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Press.
Colina, N., & Listiana, A. (2020). Al Quran Based Learning in Early Childhood Education. 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 19–22. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.005
Grajczonek, J. (2010). Spiritual Development and Religious Education in the Early Years: A Review of the Literature. http://www.qcec.catholic.edu.au/wpcontent/uploads%0A/2015/12/Final_SpiritualDevelopment-ReligiousEducation-in-the-Early-Years_A-Review-of-theLiterature.pdf
Jamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Julianti, S., Rustam, R., & Kasmiati, K. (2020). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Tibo Kecamatan Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala. Jurnal Pendidikan Anak: Ana’ Bulava, 1(1), 77–89. https://doi.org/10.24239/abulava.Vol1.Iss1.6
Kominfo. (2021). Kecanduan Gawai Ancam Anak-anak. Kementerian Komunikasi Dan Informatika. https://www.kominfo.go.id/content/detail/13547/kecanduan-gawai-ancam-anak-anak/0/sorotan_media
Lazulfa, I., & Putra, D. B. P. (2020). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbasis ARIAS Pada Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 3(2), 101–107.
Qowim, A. N. (2020). Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an. IQ (Ilmu Al-Quran): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 35–58. https://doi.org/https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.53
Reimers, E. (2020). Secularism and Religious Traditions in Non-Confessional Swedish Preschools: Entanglements of Religion and Cultural Heritage. British Journal of Religious Education, 42(3), 1–10. https://doi.org/10.1080/01416200.2019.1569501
Tamlekha. (2021). Al Qur’an Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan. Basha’ir : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 105–115. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bashair/article/view/844
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indana Lazulfa, Iftitaahul Mufarrihah, Anita Andriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.