Pelatihan Ice Breaking melalui Kegiatan Workshop di SDN Jombatan 3 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i1.727Keywords:
Pelatihan, Ice Breaking, SDN Jombatan 3Abstract
Pada sebuah proses kehidupan, seseorang tidak akan lepas dengan yang namanya belajar. Ketika proses pembelajaran terjadi, maka akan ada pengalaman belajar yang didapat. Proses ini akan efektif jika dilakukan dengan yang menyenangkan. Agar pembelajaran lebih menyenangkan, guru dapat menggunakan ice breaking. Hal ini dilakukan guna suasana belajar lebih menyenangkan dan siswa tidak mudah bosan dan tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Workshop pelatihan ice breaking ini diadakan oleh tim dosen PGSD Unhasy berkolaborasi dengan tim AMSP kelompok 13 Unhasy yang bertempat di SDN Jombatan 3 Jombang. Kegiatan ini dikemas dalam kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), dan yang menjadi sasaran atau peserta adalah para guru di SDN Jombatan 3 Jombang. Proses kegiatan ini dimulai dengan kegiatan pra acara, kegiatan pemaparan materi, kegiatan praktik ice breaking, dan tugas mandiri. Melalui kegiatan workshop pelatihan ini, diharapkan pembelajaran di kelas menjadi lebih hangat dan menyenangkan, sehingga menambah semangat siswa untuk antusias kembali dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.
Keywords: Pelatihan, Ice Breaking, SDN Jombatan 3
Downloads
References
Efi, I.F., Uluul, K., & Nur, A.I.P. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru dalam Menerapkan Ice breaking dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual Vol. 3 No. 4, https://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i3.253
Haifaturrahmah., Sukron, F., Sintayana, M., & Nurmiwati. (2020). Pelatihan Oce Breaking Bagi Guru SD sebagai Upaya Optimalisasi Kegiatan Awal Pembelajaran di Kelas. Journal of Character Education Society No. 3 Vol. 1 https://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher
Pratiwi, Emy Yunita Rahma, dkk. (2022). Motivasi Guru Bertahan Mengajar di Daerah Terpencil dalam Menghadapi Pendidkan di Era Globalisasi. Jurnal DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol. 6 No. 3. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/63853
Sugito., Dwi, L., Yayang, A., & Ade, T. N. (2021). Pengenalan Ice breaking dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima Vol. 3 No. 2 https://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/BIP
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Nuruddin, Hawwin Fitra Raharja, M. Bambang Edi Siswanto, Mega Indah Permatasari, Emy Yunita Rahma Pratiwi, Ratih Asmarani, Desty Dwi Rochmania

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.