Pelatihan Ice Breaking melalui Kegiatan Workshop di SDN Jombatan 3 Jombang

Authors

  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • M. Bambang Edi Siswanto Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Mega Indah Permatasari Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Desty Dwi Rochmania Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Claudya Zahrani Susilo Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Anggara Dwinata Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i1.727

Keywords:

Pelatihan, Ice Breaking, SDN Jombatan 3

Abstract

Pada sebuah proses kehidupan, seseorang tidak akan lepas dengan yang namanya belajar. Ketika proses pembelajaran terjadi, maka akan ada pengalaman belajar yang didapat. Proses ini akan efektif jika dilakukan dengan yang menyenangkan. Agar pembelajaran lebih menyenangkan, guru dapat menggunakan ice breaking. Hal ini dilakukan guna suasana belajar lebih menyenangkan dan siswa tidak mudah bosan dan tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Workshop pelatihan ice breaking ini diadakan oleh tim dosen PGSD Unhasy berkolaborasi dengan tim AMSP kelompok 13 Unhasy yang bertempat di SDN Jombatan 3 Jombang. Kegiatan ini dikemas dalam kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), dan yang menjadi sasaran atau peserta adalah para guru di SDN Jombatan 3 Jombang. Proses kegiatan ini dimulai dengan kegiatan pra acara, kegiatan pemaparan materi, kegiatan praktik ice breaking, dan tugas mandiri. Melalui kegiatan workshop pelatihan ini, diharapkan pembelajaran di kelas menjadi lebih hangat dan menyenangkan, sehingga menambah semangat siswa untuk antusias kembali dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.

Keywords: Pelatihan, Ice Breaking, SDN Jombatan 3

Downloads

Download data is not yet available.

References

Efi, I.F., Uluul, K., & Nur, A.I.P. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru dalam Menerapkan Ice breaking dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual Vol. 3 No. 4, https://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i3.253

Haifaturrahmah., Sukron, F., Sintayana, M., & Nurmiwati. (2020). Pelatihan Oce Breaking Bagi Guru SD sebagai Upaya Optimalisasi Kegiatan Awal Pembelajaran di Kelas. Journal of Character Education Society No. 3 Vol. 1 https://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher

Pratiwi, Emy Yunita Rahma, dkk. (2022). Motivasi Guru Bertahan Mengajar di Daerah Terpencil dalam Menghadapi Pendidkan di Era Globalisasi. Jurnal DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol. 6 No. 3. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/63853

Sugito., Dwi, L., Yayang, A., & Ade, T. N. (2021). Pengenalan Ice breaking dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima Vol. 3 No. 2 https://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/BIP

Published

2023-06-08

How to Cite

Nuruddin, M., Raharja, H. F., Siswanto, M. B. E., Permatasari, M. I., Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Pelatihan Ice Breaking melalui Kegiatan Workshop di SDN Jombatan 3 Jombang. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i1.727

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)