Pengaruh Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Warunk Pak Kumis Pare

Authors

  • Muhammad Yusril Izza Mahendra Program Studi Manajemen, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Winaika Irawati Program Studi Manajemen, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.555

Keywords:

Lokasi, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Warunk Pak Kumis Pare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif, Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Warunk Pak Kumis Pare dengan sampel sebanyak 80 orang dengan teknik non probability sampling. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner yang di uji melalui uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji analisis regresilinier berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian menggunakan software SPSS 25 untuk windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lokasi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Pak Kumis Pare, (2) fasilitas berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Pak Kumis Pare, (3) kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Pak Kumis Pare, (4) lokasi, fasilitas dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Warunk Pak Kumis Pare.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bentar dan Widowati, M. 2018. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Kosumen (Studi Kasus Pada Waroeng Spesial Sambal / SS Lampersari Semarang)". Jurnal Fokus Ekonomi. Vol. 13 (1): hal. 62–79.

Chorniawan, E. F., Sudarwanto, T., dan Santoso, R. P. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Bakso Mama 1 Jombang”. Jurnal Geo Ekonomi. Vol. 10 (2): hal. 164-180.

Hanifudin, F., Syarifuddin, T., dan Hasiholan, L. B. 2017. "Analisis Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Ayam Geprek Djogjakarto". Journal of Management. Vol. 3 (3): hal. 1-15.

Hariaji, G. U dan Iriyanto, S. 2019. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Warung Kopi Srintil Di Temanggung)". Jurnal Ilmiah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi. Vol. 15 (2): hal. 66-88.

Ikhsomudin, M., Hufron, M., dan Slamet, A. R. 2017. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Pesona Soccer Zone Futsal Joyogrand-Tlogomas)". Jurnal Ilmiah Riset Manajemen. Vol. 6 (6): hal. 102-114.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., dan Gagah PT, E. 2018. "Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan". Journal Of Management. Vol. 4 (4): hal. 1-15.

Mursyid, Abdullah. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Pengambilan Keputusan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Real Cafe Di Makassar.

Pantilu, D., Koleangan, Rosalina A.M., dan Roring, F. 2018. "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warunk Bendito Kawasan Megamas Manado". Jurnal EMBA. Vol. 6 (4): hal. 3723–3732.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

15-02-2023

How to Cite

Mahendra, M. Y. I., & Irawati, W. (2023). Pengaruh Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Warunk Pak Kumis Pare. BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(2), 205–215. https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.555

Issue

Section

Articles