Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (studi Kasus Ayam Geprek Sa'i Jombang)

Authors

  • Muhammad Zainul Roziqin Program Studi Manajemen, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Lilis Sugi Rahayu Ningsih Program Studi Manajemen, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.554

Keywords:

Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Konflik, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Marketing yang terdiri dari: Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, dan Penangganan Konflik terhadap loyalitas pelanggan pada Ayam Geprek Sa’i Jombang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 konsumen dengan  menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dianalisis dengan Regresi Linier Berganda.. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Loyaliotas Pelanggan di Ayam Geprek Sa’i Jombang (2) Komitmen berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Loyaliotas Pelanggan di Ayam Geprek Sa’i Jombang (3) Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Loyaliotas Pelanggan di Ayam Geprek Sa’i Jombang (4) Penangganan Konflik berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Loyaliotas Pelanggan di Ayam Geprek Sa’i Jombang (5) Customer Relationship Marketing yang terdiri dari: Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, dan Penangganan Konflik berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan di Ayam Geprek Sa’i Jombang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyah, H., & Komariah, N. S. (2021). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Pt . Autoplastik. JurnalIlmiahManajemenUbhara PENGARUH, April 2021, 50–62.

Lutfi, M. A., & Santoso, R. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan CRM ( Costomer Relationship Manajement ) Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus pada Pelanggan PT . SBC Group Berkah Bersama ). 4(3), 572–584.

Mahmudi, & Prastmawati, R. L. (2020). The Effect of Sharia Governance and Customer Relationship Marketing on Muzakki Loyalty. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(1), 1–17. https://doi.org/10.26740/jaj.v12n1.p1-17

Nur Lailiyah, Y. C. (2021). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan IM3 OOREDOO (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 1(1), 19–27.

Octaviani, W., Yulhendri, & Rahmidani, R. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada Bank Nagari Cabang Aur Kuning Kota Bukittinggi. Jurnal Ecogen, 1(5), 97–106.

Sanjaya, R. P., Zulkarnain, Z., & Samsir, S. (2021). Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Merchant Partner Grab Food di Kota Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 11(1), 44–52. https://doi.org/10.37859/jae.v11i1.2548

Sastra, L. M., Sakti, D. P. B., & Furkan, L. M. (2018). Analisa Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat Segera Anak Kencana Cabang Mataram. Jmm Unram - Master of Management Journal, 7(2), 103–117. https://doi.org/10.29303/jmm.v7i2.385

Satri, L., & Alfian. (2018). Pengaruh Relationship Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Sikoci Pada Bank Nagari Cabang Simpang Empat. 1–11.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan r&d (Sutopo (ed.); 3rd ed.). CV. ALFABETA Bandung.

Published

15-02-2023

How to Cite

Roziqin, M. Z., & Ningsih, L. S. R. (2023). Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (studi Kasus Ayam Geprek Sa’i Jombang). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.554

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)