Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Pada J&T Express Cabang Jombang

Authors

  • Ilham Japa Prodi Manajemen, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
  • Tri Sudarwanto Universitas Negeri Surabaya
  • Rohmad Prio Santoso Program Studi Manajemen, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

DOI:

https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.484

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan pealnggan di J&T Express Cabang Jombang.  Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari Jombang. Sampel ditentukan dengan sampling jenuh dan memperoleh 98 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pealnggan (2) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (3) Kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azka, M. Rinaldi. 2020. “Selama Pandemi, Pendapatan J&T Express Naik 40 Persen”. https:/ekonomi.bisnis.com. Diakses tanggal 13 April 2021 pukul 04.47.

Batari, Andi., Jobhaar Bima dan Zainuddin Rahman. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Ford. Journal of managemet & Business, Vol. 2 No. 1.

Fandi, Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfation. Edisi 3, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ghozali, Imam. 2015. Apilikasi Analisis Multivariate IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang : BP UNDIP: Semarang.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kurniawati, Dewi., Suharyono dan Andriani Kusumawati. 2014. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 14 No. 2.

Makki, Safir. 2020. ”Transaksi e-Commerce Naik Nyaris Dua Kali Lipat saat Pandemi”, https://www.cnnindonesia.com/ekonomi. Diakses tanggal 2 April 2021 pukul 17.00.

Sangadji, E.M., Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertasi: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Setyowati, Erni & Wiyadi. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Pemediasi (Study Pada Pelanggan Jasa Pelayanan PT. Jne Cabang Solo). Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Volume 18 Nomor 2.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Published

08-02-2023

How to Cite

Japa, I., Sudarwanto, T., & Santoso, R. P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Pada J&T Express Cabang Jombang . BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 5(2), 152–159. https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.484

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>