Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Pada J&T Express Cabang Jombang
DOI:
https://doi.org/10.33752/bima.v5i2.484Keywords:
Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan pealnggan di J&T Express Cabang Jombang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari Jombang. Sampel ditentukan dengan sampling jenuh dan memperoleh 98 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pealnggan (2) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (3) Kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Downloads
References
Azka, M. Rinaldi. 2020. “Selama Pandemi, Pendapatan J&T Express Naik 40 Persen”. https:/ekonomi.bisnis.com. Diakses tanggal 13 April 2021 pukul 04.47.
Batari, Andi., Jobhaar Bima dan Zainuddin Rahman. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Ford. Journal of managemet & Business, Vol. 2 No. 1.
Fandi, Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfation. Edisi 3, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ghozali, Imam. 2015. Apilikasi Analisis Multivariate IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang : BP UNDIP: Semarang.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kurniawati, Dewi., Suharyono dan Andriani Kusumawati. 2014. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 14 No. 2.
Makki, Safir. 2020. ”Transaksi e-Commerce Naik Nyaris Dua Kali Lipat saat Pandemi”, https://www.cnnindonesia.com/ekonomi. Diakses tanggal 2 April 2021 pukul 17.00.
Sangadji, E.M., Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertasi: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Setyowati, Erni & Wiyadi. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Pemediasi (Study Pada Pelanggan Jasa Pelayanan PT. Jne Cabang Solo). Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Volume 18 Nomor 2.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ilham Japa, Tri Sudarwanto, Rohmad Prio Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.