Sinergi Habituasi Sosial di Lembaga Pendidikan Pada Pembelajaran Luring di Era Post Pandemic Covid-19

Authors

  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
  • M. Bambang Edi Siswanto Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
  • Anggara Dwinata Universitas Hasyim Asy'ari Jombang

Keywords:

Kebiasaan Sosial, Habituasi, Pandemi

Abstract

Kegiatan pembelajaran diubah selama pandemi Covid-19. Pembelajaran tatap muka secara langsung telah diganti dengan pembelajaran online. Ada beberapa dampak kurang baik yang muncul, salah satunya adalah tidak bisa dilakukannya kebiasaan-kebiasaan baik yang rutin dijalankan selama pra-pandemi. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu membiasakan kembali kebiasaan positif di lingkungan sekolah SD Negeri 2 Johowinong pada masa post pandemic. Metode yang digunakan dalam pengabdian meliputi tiga tahap. Tahap awal dilakukan observasi dan penentuan kegiatan. Tahap pelaksanaan melakukan koordinasi dan sinergitas kebiasaan-kebiasaan baik. Tahap evaluasi mengetahui kendala yang ada pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait sinergitas habituasi sosial siswa. Dengan adanya pengabdian ini, pihak mitra memberikan tanggapan positif. Siswa-siswi bersemangat dalam melakukan aktivitas sosial bersama, seperti belajar bersama di perpustakaan, jalan sehat bersama, dan upacara bendera. Dengan adanya sinergitas antara tim pengabdian kepada masyarakat dan lembaga sekolah diharapkan dapat membiasakan kembali habituasi sosial positif dalam lingkungan sekolah.

Kata kunci: Kebiasaan Sosial, Habituasi, Pandemi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Livana, P. H., Suwoso, R. H., Febrianto, T., Kushindarto, D., & Aziz, F. (2020). Dampak pandemi COVID-19 bagi perekonomian masyarakat desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37-48.

Samudera, W. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Bidang Pendidikan Di Kota Mataram. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(3), 154-158.

Himawan, H. (2015). Analisa dan Perancangan Sistem Pembelajaran Online Menggunakan Metode Parsing. Telematika: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 7(2).

Nurfirdaus, N., & Hodijah, N. (2018). Studi Tentang Peran Lingkungan Sekolah dan Pembentukan Perilaku Sosial Siswa SDN 3 Cisantana. EDUCATOR, 4(2), 113-129.

Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2b), 895-902.

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019, April). Penguatan literasi siswa sekolah dasar melalui kunjungan perpustakaan. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).

Published

2022-11-13

How to Cite

Raharja, H. F., Nuruddin, M., Siswanto, M. B. E., Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., & Dwinata, A. (2022). Sinergi Habituasi Sosial di Lembaga Pendidikan Pada Pembelajaran Luring di Era Post Pandemic Covid-19. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 81–86. Retrieved from https://ejournal.feunhasy.ac.id/index.php/dinamis/article/view/698

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)