Sinergi Habituasi Sosial di Lembaga Pendidikan Pada Pembelajaran Luring di Era Post Pandemic Covid-19

Main Article Content

Hawwin Fitra Raharja - Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
Muhammad Nuruddin - Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
M. Bambang Edi Siswanto - Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
Emy Yunita Rahma Pratiwi - Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
Ratih Asmarani - Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
Anggara Dwinata - Universitas Hasyim Asy'ari Jombang

Article Details


Kegiatan pembelajaran diubah selama pandemi Covid-19. Pembelajaran tatap muka secara langsung telah diganti dengan pembelajaran online. Ada beberapa dampak kurang baik yang muncul, salah satunya adalah tidak bisa dilakukannya kebiasaan-kebiasaan baik yang rutin dijalankan selama pra-pandemi. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu membiasakan kembali kebiasaan positif di lingkungan sekolah SD Negeri 2 Johowinong pada masa post pandemic. Metode yang digunakan dalam pengabdian meliputi tiga tahap. Tahap awal dilakukan observasi dan penentuan kegiatan. Tahap pelaksanaan melakukan koordinasi dan sinergitas kebiasaan-kebiasaan baik. Tahap evaluasi mengetahui kendala yang ada pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait sinergitas habituasi sosial siswa. Dengan adanya pengabdian ini, pihak mitra memberikan tanggapan positif. Siswa-siswi bersemangat dalam melakukan aktivitas sosial bersama, seperti belajar bersama di perpustakaan, jalan sehat bersama, dan upacara bendera. Dengan adanya sinergitas antara tim pengabdian kepada masyarakat dan lembaga sekolah diharapkan dapat membiasakan kembali habituasi sosial positif dalam lingkungan sekolah.


Kata kunci: Kebiasaan Sosial, Habituasi, Pandemi