Penerapan Metode Pomodoro Dan Cornell Notes Guna Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di MI Al-Marhamah

Main Article Content

Mohamad Bastomi - Universitas Islam Malang
Adinda Alifia Aisya - Universitas Islam Malang
Chayrun Nisa'i - Universitas Islam Malang
Diah Putri Suhartatik - Universitas Islam Malang
Iis Rahmawati - Universitas Islam Malang
Nanik Fauziah - Universitas Islam Malang
Nikmatul Hidayah - Universitas Islam Malang
Rifky Amalya - Universitas Islam Malang
Vincencia Carolina Salim - Universitas Islam Malang

Article Details


Siswa MI-Almarhamah cenderung tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Mayoritas dari mereka merupakan siswa yang hiperaktif dan tidak bisa fokus selama mengikuti kegiatan yang berlangsung lama. Hal ini menyebabkan suasana kelas menjadi tidak kondusif serta rendahnya hasil belajar siswa. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa di MI-Almarhamah. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, pelatihan dan pendampingan secara langsung di kelas serta monitoring dan evaluasi terkait penerapan metode Pomodoro dan Cornell Notes. Pengabdian masyarakat ini mampu meningkatkan kualitas belajar siswa, menjadikan suasana kelas menjadi lebih kondusif serta membantu tenaga pengajar menerapkan metode yang tepat untuk siswa.


Kata kunci: Kualitas Belajar, Metode Pomodoro, Metode Cornell Notes

Most read articles by the same author(s)