Peningkatan Ketrampilan Merancang Identitas Visual Pada Produk Umkm Binaan Serabut Nusa Berdaya Kabupaten Semarang-Ungaran

Main Article Content

Vensy Vydia - Universitas Semarang
Astrid Novita Putri - Universitas Semarang
Joko Suntoro - Universitas Semarang

Article Details


Identitas visual yang baik dan kuat merupakan alat di dalam membangun merek karena berfungsi membentuk kesan yang mempengaruhi persepsi konsumen. Semakin lama masyarakat mengenal baik merek tertentu, semakin besar pula kemungkinan mereka bersikap positif terhadap merek itu. Bahkan, dengan mengubah identitas visual sebuah produk, dapat juga mengubah atau memperbaiki citra merek di masyarakat serta menjadikan Identitas. Inilah yang dimaksud dengan konsepsi loyalitas merek, demikian juga sebaliknya apabila konsumen mendapatkan stimulus negatif dari sebuah identitas visual dari sebuah merek maka kemungkinan terbesar adalah konsumen membatalkan keinginan untuk mencoba atau melakukan pembelian berulang. Untuk merepresentasikan sebuah identitas maka dibutuhkan sebuah logo dan sistem visual, sehingga merupakan aset penting dalam sebuah perusahaan, lembaga, maupun produk sebagai identitas. Kebutuhan tersebut sangat diperlukan oleh berbagai lapisan usaha tidak terkecuali UMKM. Program pengabdian masyarakat ini ditekankan pada peningkatan kompetensi pelaku UMKM dalam memaksimalkan potensi jual produk usaha dengan penguatan identitas visual pada logo. Pelaksanaan abdimas ini melibatkan tenaga pengajar (dosen) dari Program Studi Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Ilmu Komunikasi serta mahasiswa. Program ini menggandeng sebanyak 15 (Limabelas) peserta UMKM untuk dibuat desain identitas serta media aplikasinya.. Dalam pelaksanaannya, perancangan dimulai dari analisis produk untuk kemudian dibuat output visual, dari mulai ilustrasi sampai warna.


Keywords: Desain, Logo, Identitas, UMKM, Visual