Peningkatan Keunggulan Bersaing Sebagai Upaya Perluasan Pangsa Pasar Dan Menghadapi Era 5.0

Main Article Content

Lilis Sugi Rahayu Ningsih - Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
A Fakhri Arifyanto - Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
Rohmad Prio Santoso - Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

Article Details


Perubahan tanpa adanya prediksi sebelumnya mengakibatkan para pelaku UMKM khususnya pada Komunitas UMKM Mikro GO mengalami tekanan cukup tinggi untuk melakukan upaya perubahan inovasi yang dapat menjalakan kembali kegiatan penjualan. Kebangkitan Komunitas UMKM Mikro GO dalam kondisi Pandemi Covid 19 memerlukan sinergitas yang kuat untuk bisa mengembalikan kondisi . peran sinergi tersebut bukan hanya pemerintah dan pelaku UMKM, namun pihak akademisi, lembaga keuangan serta kebijakan yang mendukung kebangkitan UMKM sangat diperlukan. Pengenalan upaya pemanfaatan bisnis melalui online/ digitalisasi merupakan upaya cukup signifikan untuk mengembalikan kondisi Komunitas UMKM Mikro GO yang mengalami dampak negatif pandemi. Keunggulan bersaing dalam kondisi pandemi memerlukan kekuatan untuk mengetahui bagaimana produk memiliki value proposition yang dapat menjadikan keunggulan produk tersebut, serta sebagai upaya untuk perluasan pangsa pasar dan kesiapan menghadapi era 5.0


Keywords: Komunitas UMKM Mikro GO, Keunggulan bersaing, perluasan pangsa pasar

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.