Analisa Pengaruh Dimensi Store Atmosphere Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Konsumen Golden Swalayan Kediri)

Main Article Content

Rohmad Prio Santoso - Program Studi Manajemen, Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

Article Details


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan variabel lokasi swalayan, tata letak, teknik visual display terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui apakah tingkat kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan, yang terdiri dari variablel lokasi, tata letak dan (Teknik Visual Display) dan kepuasan pelanggan. Populasi yang diambil adalah semua pengunjung dari golden swalayan yang melakukan belanja sedangkan sampel penelitiannya berjumlah 72 responden. Untuk Teknik   analisis   menggunakan   teknik   path analysis.   Hasil   dalam   penelitian   ini, menjelaskan terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel lokasi (X1), tata letak (X2) dan Teknik Visual Display (X3) terhadap kepuasan pelanggan (Y1) golden swalayan  Kediri sedangkan  rumusan  kedua  terdapat  pengaruh  antara  kepuasan pelanggan (Y1) terhadap loyalitas pelanggan (Y2) Saran-saran yang dapat dikemukakan sehubung dengan hasil penelitian yang diperoleh adalah supaya menajemen swalayan agar mempertahankan prestasi yang selama ini golden capai dengan memperhatikan semua semua unsur pemasaran terutama unsur tata letak dan teknik visual display yang diperkirakan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam membantu memasarkan swalayan sehingga menambah loyalitas pelanggan.


Kata kunci: Store Atmosphere; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan