Strategi Penjualan Melalui Reseller Dan Dropshipper Pada Toko “Gudang Keramik” Surabaya Dalam Kondisi Pandemi Covid-19

Main Article Content

Muhammad Iqbal Adi Wiranto - Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
Lilis Sugi Rahayu Ningsih - Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

Article Details


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi pemasaran produk yang diterapkan Toko Gudang Keramik Surabaya terhadap tingkat penjualan produk disaat Pandemi Covid-19. Menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, serta triangulasi data. Informan dalam penelitian yaitu Ahmad Zaeni Dahlan selaku Kepala Toko, Mustofa dan Ahmad Rudianto selaku bagian pemasaran, dan Beberapa anggota reseller dan dropshipper toko Gudang keramik Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh ternyata sistem reseller dan dropshipper berpengaruh positif terhadap tingkat penjualan produk disaat pandemi.  Pada awal Pandemi Tingkat penjualan produk yang diukur dengan total nilai produk mengalami penurunan derastis hingga mencapai nilai Rp.28.000.000 pada bulan Mei 2020, dan setelah diterapkannya sistem reseller dan dropshipper Tingkat penjualan dapat terus meningkat hingga mencapai rekor tertinggi sebesar Rp.317.000.000. Hal ini menunjukkan adanya strategi reseller dan dropshipper berpengaruh positif terhadap Tingkat Penjualan Produk Toko Gudang Keramik Surabaya.


Kata kunci: Reseller; Dropshipper; Tingkat Penjualan.

Most read articles by the same author(s)