Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee di PPP Al – Istiqomah Cukir)

Main Article Content

Nur Aini - Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng
Tri Sudarwanto - Universitas Negeri Surabaya
Lilis Sugi Rahayu Ningsih - Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng

Article Details


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace shopee. Metode pengumpulan data penelitian melalui kuesioner yang dibagikan kepada santriwati pengguna Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah santriwati pengguna Shopee di PP Al Istiqomah. Sampel ditentukan dengan menggunakan simple random sampling dan memperoleh 44 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Online customer review berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (2) Online customer rating tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (3) Online customer review dan online customer rating secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.


Kata kunci: Online Customer Review; Online Customer Rating; Keputusan Pembelian

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>